Tips Sukses Mencari Kerja Setelah Lulus Kuliah

Tips Sukses Mencari Kerja Setelah Lulus Kuliah – Duduk di bangku kuliah ternyata memberikan tanggung jawab yang besar dalam menentukan masa depan, tak heran banyak mahasiswa yang mati-matian kuliah untuk bisa lulus dengan nilai bagus dan mendapatkan pekerjaan yang diinginkannya.

Tips Sukses Mencari Kerja Setelah Lulus Kuliah

Namun faktanya, lulus kuliah dengan cepat tidak selamanya bisa menjamin untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus. Bahkan pekerjaan yang bagus itu pun tidak pula bisa menjamin memberikan Anda gaji yang tinggi. Mengapa demikian? Yang pertama, persepsi dari kata ” bagus ” tidaklah selalu sama antara satu dengan yang lain. Misalnya, tukang sapu itu pekerjaan yang bagus, bahkan pekerjaan ini bisa dikatakan sangat mulai karena membuat kota tempat tinggal Anda terlihat lebih bersih dan rapi. Akan tetapi itu hanya persepsi pekerjaan bagus, namun bagaimana dengan gajinya, apakah sudah layak untuk Anda?

Yang kedua lulus dengan cepat juga tak akan bisa menjamin Anda mendapatkan pekerjaan yang bagus. Bagaimana dengan nilai Anda? Apakah nilai Anda berlimang A dan B? Bagaimana bila Anda lulus cepat hanya membawa nilai C ? Perusahaan tidak akan menerima Anda walaupun Anda telah berpengalaman di berbagai organisasi kemahasiswaan. Mempertimbangkan hal tersebut, di bawah ini ada beberapa trik yang bisa membantu Anda mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang relatif tinggi setelah Anda lulus kuliah


Rata-rata Gaji Profesi Yang Anda Inginkan

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah dengan mengetahui rata-rata gaji profesi yang Anda inginkan. Caranya Anda bisa mengunjungi beberapa situs-situs ternama yang mengulas tentang lowongan pekerjaan dan rentang gaji pada suatu kedudukan seperti Jobstreet.com dan JobsDB.com . Atau Anda bisa sharing bersama teman atau orang-orang disekitar Anda yang sudah bekerja dengan profesi tersebut.

Jika Anda sudah mengetahui rata-rata gaji profesi yang diinginkan, Anda bisa menjadikan hal ini sebagai pertimbangan dalam melamar pekerjaan. Selain itu Anda juga harus ingat bahwa gaji pertama tidak akan sebesar gaji-gaji karyawan yang sudah bekerja selama bertahun-tahun di perusahaan tersebut.

Salah satu hal yang harus Anda perhatikan adalah ketika Anda sudah melamar pekerjaan dan telah masuk dalam tahap wawancara. Inilah pentingnya Anda mengatahui informasi rata-rata pekerjaan yang Anda lamar hingga saat pertanyaan mengenai jumlah gaji yang Anda inginkan. Ingat Anda juga harus bisa memprediksi gaji Anda sendiri di perusahaan tersebut namun tidak terkesan menjual diri Anda terlalu mahal untuk ukuran fresh graduate.


Jangan Tergiur Dengan Nama Perusahaan

Hal ini sering di lakukan oleh beberapa pihak, banyak orang memberikan persepsi bahwa nama kantor yang terkenal bisa menjamin Anda untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi setelah lulus kuliah dan sudah diwisuda nantinya. Walaupun Anda pernah mendengar desas-desus mengenai gaji tinggi di posisi pekerjaan tertentu pada perusahaan ternama, mungkin keadaannya tidak sesuai dengan apa yang Anda dengar.

Perusahaan besar dan ternama lebih cenderung banyak peminatnya, hal ini justru membuat perusahaan itu harus lebih pintar dalam memberikan gaji serta tunjangan yang akan diberikan kepada karyawannya. Bahkan, Anda sendiri pun tidak bisa menjamin apakah nanti kinerja Anda bisa turut memajukan perusahaan atau tidak.

Sebaliknya, bekerja di perusahaan kecil juga tidak selalu mendapatkan gaji yang kecil pula. Pada perusahaan dengan skala kecil menengah, umumnya membutuhkan lebih banyak pekerja, bahkan tak jarang mereka akan bersedia membayar lebih tinggi dari perkiraan Anda. Pastinya perusahaan tersebut membutuhkan tenaga serta pengetahuan Anda untuk memajukan perusahaan mereka. Jika Anda ingin bekerja dengan gaji yang besar, maka Anda juga harus menjadi orang besar du perusahaan kecil dimana tugas Anda adalah bekerja keras untuk memajukan perusahaan tempat Anda bekerja


Kemampuan Diri

Sangat penting bagi Anda untuk mengukur serta mengetahui seberapa besar kemampuan Anda ketika bekerja. Anda mungkin memiliki nilai-nilai A dan B dalam transkrip nilai kelulusan, namun kinerja Anda tidak tercermin dari hal tersebut, Anda harus dapat mengukur kemampuan diri sendiri, karena pekerjaan yang Anda lakukan akan menjadi kegiatan sehari-hari yang membutuhkan skill yang matang.


Hal ini bisa menjadi poin menarik yang akan dipertimbangkan oleh  perusahaan. Mereka ingin karyawannya memiliki pribadi yang bisa bekerja dengan ikhlas, bisa membagi waktu, mampu bekerja di bawah tekanan serta mampu menghadapi situasi yang genting atau mendadak.


Percaya Diri

Jika Anda sudah memiliki kemampuan serta pengetahuan yang matang, sekarang saatnya menunjukkan pada perusahaan bahwa hal itu bukanlah teori belaka yang Anda dapatkan sewaktu kuliah dulu. Pastikan kemampuan Anda juga bisa terealisasikan dalam dunia kerja, Anda harus bekerja keras dan pintar yang didukung pengetahuan teori dan praktek yang Anda dapatkan ketika kuliah. Anda harus percaya diri dalam melakukan hal tersebut. Keperayaan diri akan membuktikan bahwa Anda selalu bisa diandalkan oleh perusahaan untuk mengemban tugas-tugas yang ada.


Pantang Menyerah

Terakhir, jangan mudah menyerah ketika menghadapi situasi yang sulit selama di kantor tempat Anda bekerja. Dunia kerja memang sulit daripada dunia kuliah. Anda tidak hanya berurusan dengan nilai, namun Anda akan di hadapkan dengan situasi yang saling menjatuhkan. Di beberapa kasus sudah sering terjadi hal ini, untuk itu Anda diharapkan tidak boleh menyerah di tengah jalan.

Disqus Comments